Halaman

Kamis, 10 Oktober 2013

SKRIPSI - PEMANFAATAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) BERBASIS KOMPUTER PADA POKOK BAHASAN SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 BABALAN T.P 2010/2011



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis komputer dan tanpa menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis komputer pada materi pokok Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Babalan tahun pembelajaran 2010/2011. Dengan menggunakan dua sampel kelas. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis komputer dan kelas kontrol diajar dengan model konvensional.
Hasil Penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunkan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis komputer dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ditunjukkan dengan mean 82,19 dengan standar deviasi 6,40 untuk kelas eksperimen sedangkan untuk kelas kontrol mean 61,78 dengan standar deviasi 11,63. Dari hasil perhitungan persentase peningkatan hasil belajar ditemukan bahwa persentase hasil belajar dengan penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis komputer adalah 66,37% dan persentase peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model konvensional 49,41%. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung (5,13) > ttabel (2,0231) pada taraf α= 0.05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, berarti hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis komputer lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan tanpa menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis komputer.

Untuk Skripsi Selengkapnya, download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar