ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis komputer dan tanpa
menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis komputer pada
materi pokok Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Babalan tahun
pembelajaran 2010/2011. Dengan menggunakan dua sampel kelas. Kelas eksperimen
diajar dengan menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis
komputer dan kelas kontrol diajar dengan model konvensional.
Hasil Penelitian menunjukkan hasil belajar siswa
dengan menggunkan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis komputer
dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ditunjukkan dengan mean 82,19 dengan
standar deviasi 6,40 untuk kelas eksperimen sedangkan untuk kelas kontrol mean
61,78 dengan standar deviasi 11,63. Dari hasil perhitungan persentase
peningkatan hasil belajar ditemukan bahwa persentase hasil belajar dengan
penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis komputer adalah
66,37% dan persentase peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model
konvensional 49,41%. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung (5,13)
> ttabel (2,0231) pada taraf α= 0.05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima,
berarti hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Multimedia
Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis komputer lebih tinggi daripada hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan tanpa menggunakan Multimedia Pembelajaran
Interaktif (MPI) berbasis komputer.
Untuk Skripsi Selengkapnya, download disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar